Manfaat Kelapa Untuk Kecantikan

Manfaat- Manfaat Kelapa Untuk Kecantikan - Kelapa dikenal banyak sekali memiliki manfaat. Selain untuk kesehatan, ternyata kelapa juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Air kelapa mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Kelapa membuat kulit Sobat terlihat lebih muda dan lebih bersemangat. Berikut ini beberapa manfaat kelapa untuk kecantikan :

Menghaluskan Kulit

Polusi dan sinar matahari bisa membuat kulit terasa kering dan menimbulkan flek pada wajah. Sobat bisa mencoba membuat scrub sendiri dari buah kelapa yang berguna unuk menghaluskan kulit tubuh. Caranya campurkan satu mangkok santan kelapa dengan seperempat sendok makan bubuk kunyit, aduk hingga rata lalu gosokkan perlahan ke seluruh bagian tubuh. Diamkan selama 5-10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Air kelapa juga bisa digunakan untuk membasuh wajah dan bermanfaat untuk mencegah kerutan halus sekaligus menyamarkan flek hitam. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan susu permberih atau sabun. Bilas denan air bersih, kemudian usapkan air kelapa muda atau basuh hingga semua bagian muka terkena. Kelapa sangat ideal untuk mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit dan mengencangkan.

Menghilangkan Jerawat

Tuang segelas air kelapa dalam wadah berisi parutan 3 ruas kunyit. Biarkan semalam dalam lemari es. Setelah itu, bubuhkan tiga sendok teh bubuk cendana ke dalamnya. Simpan lagi selama tiga hari, kemudian saring ramuan dengan kain kasa. Oleskan sari larutan tersebut pada wajah yang berjerawat dua kali sehari sampai jerawat lenyap.

Menghapus riasan

Gunakan minyak kelapa dan kapas kemudian gosok dengan lembut riasan mata. Riasan akan bersih sempurna.

Mengatasi kulit dan bibir kering

Minyak kelapa mengandung zat pelembap yang dapat memasuki jaringan kulit. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki partikel berukuran kecil sehingga dapat bercampur dengan minyak alami dari kulit sehingga memfasilitasi penyerapan.

Kaki Mulus dan Kuku Kuat

Masalah bau yang kurang sedap pada kaki, bisa diatasi dengan merendam kaki di dalam air kelapa yang sudah dicampurkan sedikir garam. Selain bisa menghilangkan bakteri penyebab bau, air kelapa juga bisa mengatasi kulit pecah pada tumit dan membuat kaki terlihat labih halus. Gunakan juga minyak kelapa untuk mengatasi kuku yang mudah patah. Rendam kedua telapak tangan ke dalam air hangat selama 15 menit. Keringkan dengan handuk lalu oleskan minyak kelapa pada kutikula kuku. Pijat perlahan agar miyak terserap ke dalam kulit dan kuku. Sementara itu untuk mendapatkan siku dan lutut yang besih dan mulus, peras air jeruk lemon kemudian dicampur dengan 1/2 sendok teh minyak kelapa. Gosok siku dan lutut yang kering dan hitam secara teratur.

Mengatasi bau badan

Masalah aroma badan khususnya di ketiak sering dikaitkan dengan bakteri dan jamur karena keringat. Minyak kelapa bisa menyingkirkan keberadaan bakteri ini dan membuat bau badan menghilang. Ditambah lagi minyak kelapa juga mengembalikan warna alami ketiak jika digunakan secara rutin.

Rambut Sehat

Ketombe dan rasa gatal di kulit kepala bisa diatasi dengan kelapa. Parut daging kelapa, kemudian tambahkan sedikit air dan peras parutan kelapa hingga menghasilkan santan kental. Oleskan santan kental ke kulit kepala hingga merata lalu diamkan selama kira-kira 15 menit. Bilas hingga bersih dan cuci rambut menggunakan shampoo seperti biasa agar rambut tidak berminyak. Selain itu minyak kelapa bisa dipakai untuk melembabkan rambut yang terasa kering dan terlihat kusam.

0 Response to "Manfaat Kelapa Untuk Kecantikan"

Post a Comment